Membuat Aplikasi RAB Teknik Sipil Menggunakan Flutter

Flutter
Flutter Logo

Pengenalan Flutter

Apa itu Flutter? Flutter adalah sebuah framework open source yang dikembangkan oleh Google dan diperkenalkan pada Mei 2017. Flutter dapat digunakan untuk membangun tampilan antar muka sebuah aplikasi baik aplikasi Android maupun iOS. Seiring perkembangannya Flutter tidak hanya digunakan untuk pembuatan aplikasi Android ataupun iOS, namun dapat juga digunakan untuk pembuatan aplikasi web dan desktop.

Berbagai perusahaan besar seperti Google, Tencent dan Alibaba.com menggunakan Flutter untuk membuat aplikasi mereka. Mereka memilih Flutter karena dengan menggunakan Flutter sebuah aplikasi hanya ditulis dan dibuat dengan satu codebase saja, dan kemudian bisa digunakan untuk aplikasi di berbagai platform.

Apa Flutter bisa digunakan untuk membuat aplikasi RAB Teknik Sipil?

Tentu saja bisa. Hal ini karena flutter mempunyai fitur yang lengkap dalam membuat aplikasi apa saja. Dengan kemudahan dalam mempelajarinya tentunya kita yang berbasis ilmu Teknik Sipil akan mudah membuat aplikasi dengan flutter, karena selama saya mempelajarinya ternyata framework ini tidak lebih susah dari mata kuliah Mekanika Teknik. 🙂

Aplikasi RAB yang bagaimana yang akan dibuat dengan Flutter?

Aplikasi Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang akan kita buat adalah aplikasi RAB dimana pengguna dapat membuat project, dan memasukan data-data baik data Harga Satuan Pekerjaan (HSP), Bahan, Upah dan data-data lain, sehingga dapat memperkirakan nilai RAB suatu project dengan mudah. Dengan Flutter target penggunaan aplikasi yang akan kita buat tidak hanya mobile tetapi juga web dan desktop.

Pada post selanjutnya kita akan belajar cara menginstall flutter dan pengaturan aplikasi pemrograman, dan kemudian kita akan memulai pemrograman aplikasi RAB tersebut sampai dapat di publish dan dapat digunakan oleh banyak orang.

Stay stune and stay safe.

Sederhana Gulo

Civil Engineer and Civil Servant

You may also like...